APKG 1 . 2 PEMBELAJARAN TERPADU



ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU *)

1.      NAMA GURU / MAHASISWA      :   
2.      NIM                                                   :   
3.      TEMPAT MENGAJAR                    :   
4.      KELAS / SEMESTER                       :   
5.      MATA PELAJARAN                       :    1.
                                                                2.
                                                                3.
6.      TEMA                                                :   
7.      WAKTU                                            :   
8.      TANGGAL                                        :   

PETUNJUK
           Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan dgunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.

1.
Menentukan tema, bahan pembelajaran











dan merumuskan tujuan/indikator

1

2

3

4

5

1.1
Kesesuaian tema penghubung dengan












kompetensi dasar 3 mata pelajaran











1.2
Menggunakan bahan pembelajaran yang












sesuai dengan Standar Isi dan Kompetensi










1.3
Merumuskan tujuan/indikator



































Rata-rata butir 1 = A

















2.
Mengembangkan dan mengorganisasikan











materi, media pembelajaran, dan sumber











belajar














2.1
Mengembangkan dan mengorganisasikan












materi dari 3 mata pelajaran












2.2
Menentukan dan mengembangkan alat












bantu/media pembelajaran












2.3
Memilih sumber belajar



































Rata-rata butir 2 = B

















3.
Merencanakan skenario kegiatan











pembelajaran terpadu













3.1
Menentukan jenis kegiatan pembeljaran












terpadu














3.2
Menyusun langkah-langkah pembelajaran












terpadu














3.3
Menentukan alokasi waktu pembelajaran












terpadu














3.4
Menentukan cara-cara memotivasi siswa


































Rata-rata butir 3 = C

















4.
Merancang pengelolaan kelas












Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa











agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran











terpadu





















Rata-rata butir 4 = D

















5.
Merencanakan prosedur, jenis, dan











menyiapkan alat penilaian












5.1
Menentukanm prosedur dan jenis












penilaian














5.2
Membuat alat-alat penilaian dan kunci












jawaban





















Rata-rata butir 5 = E

















6.
Tampilan dokumen rencana pembelajaran











terpadu














6.1
Kebersihan dan kerapian




























6.2
Penggunaan bahasa tulis



































Rata-rata butir 6 = F

















7.
Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring











Tematik














Kreativitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik


































Rata-rata butir 7 = G


Nilai APKG 1 = R
R =      +      +      +      +      +       +      =
                               7








                                                                                    ...................................,..........,.........,2016
                                                                                                   Pengamat
                                                                                    (Kepala sekolah/Teman Sejawat/Tutor)




                                                                                     (..........................................................)






ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU *)

1.      NAMA GURU / MAHASISWA      :   
2.      NIM                                                   :   
3.      TEMPAT MENGAJAR                    :   
4.      KELAS / SEMESTER                       :   
5.      MATA PELAJARAN                       :    1.
                                                                2.
                                                                3.
6.      TEMA                                                :   
7.      WAKTU                                            :   
8.      TANGGAL                                        :   

PETUNJUK
1.      Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2.      Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3.      Nilaila kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini
4.      Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran yang sedang diajarkan

1.
Melakukan pembelajaran


1

2

3

4

5

a.
Melaksanakan tugas rutin kelas



























b.
Memulai kegiatan pembelajaran



























c.
Menggunakan ragam kegiatan yang












sesuai dengan kemampuan/tujuan/












indikator, siswa, situasi, & lingkungan











d.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran












secara individual, kelompok, atau












klasikal














e.
Menggunakan sumber belajar yang












sesuai dengan kemampuan/tujuan,












siswa, situasi, dan lingkungannya











f.
Menggunakan media belajar yang












sesuai dengan tujuan, siswa, situasi,












dan lingkungan













g.
Menggunakan waktu pembelajaran












secara efisien













h.
Mengakhiri kegiatan pembelajaran


































Rata-rata butir 1 = P

















2.
Mengelola interaksi kelas












a.
Menunjukkan perhatian serta sikap












bersahabat, terbuka, dan penuh












perhatian kepada siswa












b.
Memicu dan memelihara keterlibatan












siswa














c.
Melakukan komunikasi secara efektif


































Rata-rata butir 2 = Q

















3.
Mendemonstrasikan kemampuan khusus











dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata











pelajaran tertentu secara bersamaan (isi











yang sesuai dengan RP Pembelajaran











Terpadu yang sedang dinilai)




























a.
Bahasa Indonesia













1)
Mendemonstrasikan penguasaan materi












bahasa Indonesia













2)
Memberikan latihan ketrampilan












berbahasa













3)
Mengembangkan kemampuan siswa












untuk berkomunikasi dan bernalar


















Rata-rata butir 3a = R


















b.
Matematika













1)
Menanamkan konsep matematika












melalui kegiatan manipulatif












2)
Menguasai simbol-simbol matematika



























3)
Memberikan latihan penggunaan konsep












matematika dalam kehidupan sehari-hari


















Rata-rata butir 3b = R


















c.
IPA














1)
Mendemonstrasikan pembelajaran IPA












melalui pengalaman langsung












2)
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui












pengalaman langsung













3)
Menampilkan penguasaan IPA



































Rata-rata butir 3c = R


















d.
IPS














1)
Mengembangkan pemahaman konsep












waktu














2)
Mengembangkan pemahaman konsep












ruang














3)
Mengembangkan pemahaman konsep












kelangkaan (scarcity)



















Rata-rata butir 3d = R


















e.
PKn














1)
Ketepatan menggunakan istilah-istilah












khusus dan konsep dalam Pendidikan












Kewarganegaraan













2)
Penguasaan materi Pendidikan













Kewarganegaraan













3)
Menerapkan konsep Pendidikan












Kewarganegaraan dalam kehidupan












sehari-hari




















Rata-rata butir 3e = R

















4.
Melaksanakan penilaian proses dan hasil











belajar














a.
Melaksanakan penilaian selama proses












pembelajaran













b.
Melaksanakan penilaian hasil belajar












pada akhir pembelajaran



















Rata-rata butir 4 = S

















5.
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran











a.
Peka terhadap kemampuan berbahasa



























b.
Penampilan guru dalam pembelajaran



























c.
Keefektifan pembelajaran terpadu


































Rata-rata butir 5 = T


Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran terpadu, serta saran perbaikan.







Nilai APKG 2 = K
K =       +      +      +     +          =
                         5


                                                                                                 


                                                                                      ............................,..........,.........,2016
                                                                                                  Pengamat
                                                                                    (Kepala sekolah/Teman Sejawat/Tutor)


                                                                 


                                                                                    (..........................................................)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer