Modul 9. RENCANA PEMBELAJARAN
KEG. 1. PENGERTIAN,PRINSIP DAN
FUNGSI RENCANA PEMBELAJARAN
A.
PENGERTIAN
RENCANA PEMBELAJARAN
Rencana
pembelajaran/rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan kegiatan
merumuskan tujuan- tujuan atau kompetensi-kompetensi apa yang akan dicapai oleh suatu kegiatan
pembelajaran .
Karakteristik
Rencana Pembelajaran :
1.
Ditujukan untuk
siswa belajar
2.
Memiliki
tahap-tahap
3.
Sistematis
4.
Pendekatan
sistem
5.
Didasarkan pada
proses belajar manusia
B.
PRINSIP-PRINSIP
PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN
1.
Memperhatikan
perbedaan individu siswa
2.
Mendorong
partisipasi aktif siswa
3.
Mengembangkan
budaya membaca dan menulis
4.
Memberikan umpan
balik dan tindak lanjut
C.
FUNGSI RENCANA
PEMBELAJARAN
1.
Prediktif/hipotetik
2.
Preventif
3.
Korektif
KEG. 2. LANGKAH – LANGKAH PENGEMBANGAN
RENCANA PEMBELAJARAN
A.
KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN
1.
Identitas mata
pelajaran
2.
Standar
Kompetensi
3.
Kompetensi dasar
4.
Indikator
pencapaian kompetensi
5.
Tujuan
pembelajaran
6.
Materi ajar
7.
Alokasi waktu
8.
Metode
pembelajaran
9.
Kegiatan pembelajaran(pendahuluan,inti,penutup)
10. Penilaian hasil belajar
11. Sumber belajar
B.
LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN
1.
Perumusan tujuan
a.
Tujuan
pendidikan nasional
UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem
pendidikan nasional.pendidikan nasional Indonesia berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa,bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik,agar menjadi manusia
yang beriman dan bertagwa kepada Tuhan YME,berakhlak
mulia,sehat,berilmu,cakap,kreatif,mandiri,dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
b.
Tujuan
institusional/lembaga
Merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh
setiap sekolah \/lembaga pendidikan.
c.
Tujuan kurikuler
Tujuan yang hendak dicapai oleh setiap
bidang studi /mata pelajaran.
d.
Tujuan
pembelajaran
Tujuan yang ingin dicapai dari setiap
kegiatan pembelajaran.
Tujuan ini dibagi menjadi dua yaitu:
1.
Tujuan
pembelajaranumum.
Sifatnya masih umum dan tidak
menggambarkan tingkah laku yang spesifik.
2.
Tujuan
pembelajaran khusus
Tujuan ini jabaran dari tujuan
pembelajaran umum untuk lebih dikhususkan
dan mudah diukur tingkat ketercapaianya.
perumusan tujuan khusus mengacu pada 4
kriteria yaitu: ABCD.
1.
A=Audience
,sasaran/siapa yang belajar
2.
,B=Behaviour,perilaku
spesifik yang diharapkan atau dimunculkan siswa setelah KBM
3.
C=Condition,Keadaan /syarat yang harus
dipenuhi/dikerjakan siswa saat dites
4.
D=Degree,batas
minimal/tingkat keberhasilan terendah yang harus dipenuhi dalam mencapai
perilaku yang diharapkan.
2.
Perencanaan
materi pelajaran
a.
Materi pelajaran
hendaknya sesuai dan menunjang tercapainya tujuan pembelajaran
b.
Sesuai dengan
tingkat pendidikan dan perkembangan siswa
c.
Terorganisasi
secara sistematis dan berkesinambungan
d.
Bersifat faktual
maupun konseptual.
3.
Perencanaan
kegiatan pembelajaran
Ada dua kegiatan yaitu:
a.
Kegiatan guru
b.
Kegiatan siswa
4
Tahapan kegiatan
pembelajaran :
1).Tahap
persiapan,2)tahap pelaksanaan,3). Evaluasi,4).tindak lanjut.
4. Pengembangan
alat evaluasi
Evaluasi pembelajaran dibagi menjadi 2 yaitu
evaluasi formatif dan sumatif.
C.
FORMAT ATAU BENTUK RENCANA PEMBELAJARAN
Ada 2 format : bentuk deskriptif dan
bentuk lajur...lihat hal.9.25...
KB.
3. KEPUTUSAN SITUASIONAL
A.
MODEL PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN
Ada 4 model yaitu :banathy,kemp,PPSI dan
model gerlach dan ely.
B.
UNSUR YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM MENYUSUN
RENCANA PEMBELAJARAN
Unsur tersebut Adalah kebutuhan siswa
,perkembangan intelektual, dan emosional(psikologis) siswa,situasi kondisi
kelas yang mungkin berubah,serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung.
Modul 10. PERUMUSAN INDIKATOR
DAN PENYUSUNAN ALAT EVALUASI
KEG.
1. PERUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
A.
PENGERTIAN INDIKATOR
Dalam kurikulum 2006,indikator merupakan
penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditunjukan oleh perubahan perilaku
yang dapat diukur yang mencakup sikap,pengetahuan dan keterampilan.
B.
PRINSIP-PRINSIP PERUMUSAN INDIKATOR
Indikator dijabarkan dari kompetensi
dasar,kompetensi dasar harus dijabarkan kedalam banyak indikator agar guru
dapat menentukan apakah siswa sudah atau belum mencapai kompetensi dasar
tersebut,Indikator dirumuskan dengan menggunakan kata kerja
operasional,Indikator yang dirumuskan harus dapat diamati atau didemonstrasikan
oleh siswa.
C.
KOMPONEN-KOMPONEN RUMUSAN INDIKATOR
1.
Audience(siswa
yang belajar)
2.
Behaviour(perilaku/unjuk
kerja /performance
3.
Condition(kondisi)
4.
Degree(tingkat
pencapaian atau kriteria)
D.
JENIS-JENIS KEMAMPUAN HASIL BELAJAR
Menurut bloom :
1.
Kognitif
terdiri:
a.
Mengingat(remember)
b.
Mengerti(understan)
c.
Menerapkan(apply)
d.
Menganalisis(analysis)
e.
Memberikan
penilaian (evaluate)
f.
Membuat sesuatu
yang baru(create)
2.
Afektif terdiri:
a.
Menerima(receiving)
b.
Menanggapi(responding)
c.
Menghargai(valuing)
d.
Mengatur
diri(organization)
e.
Menjadikan pola hidup(characterization
by value)
3.
Psikomotorik
terdiri dari:
a.
Persepsi
b.
Kesiapan
c.
Gerakan
terbimbing
d.
Bertindak secara
mekanis
e.
Gerakan kompleks
KG.2 PENYUSUNAN ALAT EVALUASI
A.
EVALUASI FORMATIF DAN EVALUASI SUMATIF
Dilihat dari
waktu pelaksanaanya evaluasi formatif dilaksanakan selama proses pembelajaran
berlangsung,guru melakukan evaluasi formatif setiap akhir pertemuan pembelajaran,sedangkan
evaluasi sumatif dilaksanakan pada akhir periode pembelajaran.misalkan setelah
selesai membahas satu tema pembelajaran,setelah selesai membahas satu unit
pembelajaran,pertengahan semester / akhir masa suatu tingkat pendidikan.
B.
KRITERIA PENYUSUNAN ALAT EVALUASI
Ada 3 kriteria
yaitu,validitas,reliabilitas dan dapat dilaksanakan.
C.
JENIS-JENIS ALAT EVALUASI
Ada 2 jenis
yaitu tes dan non tes.
Tes adalah
seperangkat pertanyaan dan pernyataan yang menuntut siswa untuk memberikan
jawaban yang dapat dinilai benar atau salah.
Dilihat dari
bentuk jawaban ada 3 jenis tes yaitu,Tes lisan,tes tertulis dan tes perbuatan
atau kinerja.
Non tes adalah
skala sikap,daftar cek,wawancara,observasi,angket,dan sosiometri.
LEMBAR TANYA JAWAB DISKUSI
Kelompok 1
1.
Jelaskanlah apa
yang dimaksut dengan rencana
pembelajaran!
Jawab:
Rencana pembelajaran/rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan kegiatan merumuskan tujuan- tujuan
atau kompetensi-kompetensi apa yang akan
dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran .
2.
Sebutkanlah 4 prinsip-prinsip
penyusunan rencana pembelajaran!
Jawab:
1.
Memperhatikan
perbedaan individu siswa
2.
Mendorong
partisipasi aktif siswa
3.
Mengembangkan
budaya membaca dan menulis
4.
Memberikan umpan
balik dan tindak lanjut
Kelompok 2
1.
Sebutkan fungsi
dari rencana pembelajaran!
Jawab:
1.
Prediktif/hipotetik,tujuan/kompetensi
yang harus dicapai siswa,materi/pengalaman belajar apa yang harus dicapai
siswa,strategi /metode apa yang digunakan dan alat/teknik penilaian apa yang
dapat digunakan...
2.
Preventif,seorang
guru dapat melakukan pencegahan terlebih dahulu terhadap ketidaksesuaian yang
mungkin terjadi dalam implementasi pembelajaran.
3.
Korektif,RPP
yang disusun harus merupakan perbaiakan dari rancangan pembelajaran /
implementasi pembelajaran sebelumnya
2.
Sebutkan
komponen – komponen re ncana pembelajaran!
Jawab:
1.
Identitas mata pelajaran
2.
Standar
Kompetensi
3.
Kompetensi dasar
4.
Indikator
pencapaian kompetensi
5.
Tujuan
pembelajaran
6.
Materi ajar
7.
Alokasi waktu
8.
Metode
pembelajaran
9.
Kegiatan
pembelajaran(pendahuluan,inti,penutup)
10.
Penilaian hasil
belajar
11.
Sumber belajar
Kelompok 3
1.
Sebutkan langkah
– langkah apa saja dalam pengembangan rencana pembelajaran!
Jawab :
1.
Perumusan tujuan
Tujuan pendidikan nasional
UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem
pendidikan nasional.pendidikan nasional Indonesia berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa,bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik,agar menjadi manusia
yang beriman dan bertagwa kepada Tuhan YME,berakhlak
mulia,sehat,berilmu,cakap,kreatif,mandiri,dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
2.
Perencanaan
materi pelajaran
a.
Materi pelajaran
hendaknya sesuai dan menunjang tercapainya tujuan pembelajaran
b.
Sesuai dengan
tingkat pendidikan dan perkembangan siswa
c.
Terorganisasi
secara sistematis dan berkesinambungan
d.
Bersifat faktual
maupun konseptual.
3.
Perencanaan
kegiatan pembelajaran
Ada dua kegiatan yaitu:
a.
Kegiatan guru
b.
Kegiatan siswa
.4.
Pengembangan alat evaluasi
Evaluasi
pembelajaran dibagi menjadi 2 yaitu evaluasi formatif dan sumatif
2.
Ada 4 tahapan
dalam kegiatan pembelajaran, tujuan dari tahap evaluasi!
Jawab:
Tahap Evaluasi : secara umum bertujuan agar
guru mengetahui sejauh mana taraf keberhasilan proses pembelajaran.
Kelompok 4
1.
Didalam
pengembangan rencana pembelajaran ada 4 model yaitu banathy,kemp,ppsi,dan model
gerlach dan ely.sebutkanlah 6 penjelasan
tentang pengembangan pembelajaran menurut banathy !
Jawab:
Model Banathy: dapat dilakukan dengan 6
langkah yaitu : 1. Merumuskan tujuan, 2. Mengembangkan test, 3. Menganalisis
tugas belajar 4.mendesain sistem instruksional, 5. Melaksanakan kegiatan dan
mengetes hasil, 6. Mengadakan perbaikan.
2.
Sebutkanlah
unsur unsur apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun rencana
pembelajaran!
Jawab:
kebutuhan siswa
,perkembangan intelektual, dan emosional(psikologis) siswa,situasi kondisi
kelas yang mungkin berubah,serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung
Kelompok 5
1.
Jelaskan apakah
yang dimaksud dengan indikator dan sebutkanlah komponen komponenya!
Jawab :
Dalam kurikulum 2006,indikator merupakan
penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditunjukan oleh perubahan perilaku
yang dapat diukur yang mencakup sikap,pengetahuan dan keterampilan.
Komponen-komponen rumusan indikator:
1.
Audience(siswa
yang belajar)
2.
Behaviour(perilaku/unjuk
kerja /performance
3.
Condition(kondisi)
4.
Degree(tingkat
pencapaian atau kriteria)
2.
Jelaskanlah
perbedaan antara tes formatif dengan tes sumatif!
Jawab:
Dilihat dari
waktu pelaksanaanya evaluasi formatif dilaksanakan selama proses pembelajaran
berlangsung,guru melakukan evaluasi formatif setiap akhir pertemuan
pembelajaran,sedangkan evaluasi sumatif dilaksanakan pada akhir periode
pembelajaran.misalkan setelah selesai membahas satu tema pembelajaran,setelah
selesai membahas satu unit pembelajaran,pertengahan semester / akhir masa suatu
tingkat pendidikan.
Komentar
Posting Komentar